Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility Akreditasi Institusi

Coming Soon

Sertifikat BAN PT dan SK

Akreditasi adalah sebutan dan proses. Sebagai sebutan, ini berfungsi sebagai pengakuan publik bahwa suatu lembaga telah memenuhi standar kualitas yang diterima. Sebagai suatu proses, ini menunjukkan komitmen berkelanjutan untuk belajar mandiri dan tinjauan sejawat eksternal. Penilaian komplementer ini menegaskan bahwa standar kualitas terpenuhi dan bahwa keunggulan pendidikan UNESA terus ditingkatkan.
UNESA telah meraih predikat Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), merupakan satu-satunya badan akreditasi yang diberi kewenangan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, memperkenalkan dan menyebarluaskan “Paradigma Baru Pengelolaan Perguruan Tinggi”, serta peningkatan relevansi, suasana akademik, pengelolaan kelembagaan, efisiensi dan keberlanjutan perguruan tinggi.

ASIIN

ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) adalah badan akreditasi internasional yang berasal dari Jerman untuk disiplin ilmu di bidang teknik, matematika dan sains, pertanian, biologi.
Kriteria ASIIN untuk akreditasi program studi tunduk pada revisi kritis secara berkala dan disesuaikan dengan perkembangan terkini dan temuan dari praktik akreditasi. Versi yang berlaku pada saat dimulainya prosedur akreditasi - yaitu penandatanganan kontrak prosedur - adalah versi yang akan diterapkan.
Peningkatan kualitas bidang pendidikan tinggi terus didorong oleh Universitas Negeri Surabaya. Impian untuk menjadi universitas kelas dunia juga terus diwujudkan dalam berbagai bentuk peningkatan dan pencapaian kualitas, terutama komitmen kualitas dalam proses pembelajaran, mobilitas akademik, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, Unesa berupaya keras untuk mencapai akreditasi internasional agar dapat memenuhi standar global dalam penyediaan tenaga pengetahuan yang unggul di masa depan.
Berdasarkan Pengumuman No. 1167 / E2 / TU / 2020 tanggal 2 Juni 2020, lima Prodi di FMIPA Unesa menerima hibah fasilitasi akreditasi internasional ASIIN dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Budaya. Kelima program studi tersebut adalah: (1) S1 Pendidikan Biologi; (2) Pendidikan S1 Fisika; (3) Pendidikan S1 Kimia; (4) Pendidikan S1 Matematika; dan (5) S1 Pendidikan Sains. Kemudian kelima Prodi tersebut menyusun Self Assessment Report (SAR) untuk memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh badan akreditasi yang berkedudukan di Düsseldorf, Jerman.
Badan Penjaminan Mutu melalui Akreditasi Program Studi (AQAS) adalah organisasi nirlaba independen yang didedikasikan untuk akreditasi lembaga pendidikan tinggi di Jerman. Didukung oleh lebih dari 80 lembaga anggota, baik perguruan tinggi maupun asosiasi akademik.
Selain itu, sebagai bentuk keberlanjutan, misi program Rektor adalah mencapai pengakuan global melalui akreditasi internasional ASIIN dan AQAS pada tahun 2020. Untuk itu, dukungan semua pihak khususnya seluruh civitas akademika Universitas Negeri Surabaya, sangat diharapkan agar pelaksanaan program dapat berjalan dengan baik.

Scroll to Top