Mulai tahun ini Unesa meniadakan jalur undangan untuk mahasiswa baru (maba) yang ingin masuk Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes), Pendidikan Kepelatihan (Penkep), Ilmu Keolahragaan (Ikor) di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan Jurusan Seni Drama, Tari, Musik (Sendratasik), Seni Rupa di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).



Maba yang ingin masuk jurusan-jurusan di dua fakultas tersebut harus melalui tes tulis. Pembantu Rektor I Unesa, Prof. Dr. Kisyani Laksono mengatakan bahwa dasar penghapusan jalur undangan itu karena untuk jurusan-jurusan itu memerlukan tes keterampilan khusus dan tes akademik yang memadai. "Pertimbangannya, jurusan bidang olahraga dan seni tak bisa tanpa tes," jelas Kisyani, Kamis (26/1) saat diwawancarai Kompas.



Jalur undangan yang dikenal dengan sebutan PMDK Prestasi untuk jurusan-jurusan selain yang disebut tadi tetap dibuka. Pendaftaran dimulai pada 1 Februari 2012. Siswa yang kini kelas XII SMA/SMK/MA berhak mencoba seleksi masuk perguruan tinggi negeri jalur tes ini. Mereka juga diminta melampirkan portofolio prestasi yang dimiliki. Salah satunya adalah nilai rapor mulai semester 1 sampai 5. Kesempatan jalur undangan ini juga terbuka bagi juara nasional olimpiade mata pelajaran atau prestasi akademik lainnya.


"Kadang kami juga meragukan nilai rapor yang dapat 9, bahkan 10. Terutama sekolah di daerah," kata dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini. Jalur undangan ini tak diikuti tes wawancara. Prestasi siswa dipercayakan hanya berdasarkan apa yang dicantumkan pihak sekolah. "Tapi jangan kemudian kepercayaan disalahgunakan untuk mengatrol nilai rapor. Nyatanya ada mahasiswa olahraga ternyata tak cakap olahraga. Ini karena rekrutmen yang salah," tambah Kisyani. Bayu_Humas Unesa



  • By Redaksi UNESA
  • 05 Februari 2012
  • 5461 Pembaca
  • Universitas Negeri Surabaya|State University of Surabaya
"GROWING WITH CHARACTER"