www.unesa.ac.id
Unesa.ac.id-Surabaya, Universitas Negeri Surabaya melalui Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyelenggarakan Gelar Karya Mahasiswa Online 2020. Satu di antaranya adalah lomba Vlog Competition 2020 yang mengusung tema “Coping With the New Normal: A Youth Campaign.”
Kegiatan tersebut merupakan upaya dari pemuda dalam mengampanyekan kepada masyarakat menghadapi pandemi di era New Normal.
Dalam lomba yang diikuti mahasiswa se-Indonesia baik perguruan tinggi negeri maupun swasta itu, Unesa berhasil meraih juara kedua dan ketiga, sedangkan juara pertama diraih M. Arfi Rayyan dari Universitas Airlangga Surabaya.
Proses pelaksanaan lomba dimulai pada 25 Juli – 15 Agustus 2020 untuk tahap pendaftaran dan pengumpulan karya. Sedangkan pengumuman pemenang dilaksanakan pada 23 Agustus 2020.
Peserta yang mengikuti Unesa Vlog Competition 2020 tidak dipungut biaya (gratis). Total hadiah yang diperebutkan senilai 6.000.000 untuk juara 1, 2, dan 3.
Dalam perlombaan kali ini, masing-masing peserta berlomba adu kreativitas dan inovasi melalui video vlog yang disampaikan kepada masyarakat secara langsung melalui sosial media. Alhasil, tiga orang terpilih menjadi pemenang. Juara 1 diraih M. Arfi Rayyan dari Universitas Airlangga Surabaya. Juara 2 diraih Rizdana Galih dari Universitas Negeri Surabaya dan Juara 3 diraih M.Irfan dari Universitas Negeri Surabaya.
M. Arfi Rayyan, mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Unair bersama dengan timnya Mochammad Pandu Wibisono yang berhasil meraih Juara 1 pada kompetisi ini mengangkat judul “New Normal, New Hope, dan New Style”. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk memberikan semangat dan harapan baru bagi masyarakat luas untuk mampu beradaptasi pada masa sistem tatanan kenormalan baru.
Video tersebut dikemas sangat menarik dan sesuai dengan realita seperti kampanye memakai masker, rajin mencuci tangan, melakukan physical distancing serta tetap patuh pada protokol kesehatan dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Menurut Arfi, ia bersama tim dalam proses pengerjaan karya membutuhkan waktu seminggu mulai dari penulisan konsep, pengambilan video, hingga proses editing.
"Sebagai pemuda milenial lewat karya kita bisa berperan penting dalam masa New Normal guna kebaikan masyarakat luas. Saling mengingatkan sesama akan pentingnya kampanye mematuhi protokol kesehatan dapat mendorong masyarakat luas menyongsong era New Normal saat ini," ungkap Arfi. (yuris/sir)
Share It On: