Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil rapat Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 16 Oktober 2011, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2012.

SNMPTN 2012 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. Sesuai dengan Permendiknas No. 34 Tahun 2010 dan sama dengan pelaksanaan SNMPTN 2011, SNMPTN 2012 juga akan dilaksanakan melalui (1) jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan, dan (2) jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik. SNMPTN Jalur Undangan berdasarkan prestasi akademik (nilai rapor) dilatarbelakangi atas pemikiran bahwa sekolah (SMA/SMK/MA/MAK) sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diyakini selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter. Sekolah dengan demikian dapat diberikan penghargaan dan kepercayaan melakukan seleksi awal calon mahasiswa yang berprestasi dan diharapkan dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik.

Sejalan dengan program Pemerintah tentang Bantuan Biaya Pendidikan bagi Mahasiswa Miskin (Bidikmisi), bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima melalui masing-masing jalur seleksi pada SNMPTN 2012 dapat mengajukan permohonan memperoleh bantuan Bidikmisi sehingga mendukung keberlanjutan studinya.

Pelaksanaan SNMPTN 2012 akan didukung penuh dari Bank Mandiri sebagai bank mitra dalam proses pembayaran biaya seleksi dan PT. Telkom Indonesia, Tbk dalam proses pendaftaran on-line.

Tata Cara Pendaftaran
1. Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman
http://undangan.snmptn.ac.id. Tatacara pengisian borang pendaftaran Jalur Undangan dapat diunduh (download) dari laman http://undangan.snmptn.ac.id mulai tanggal 20 Januari 2012.
2. Pendaftaran SNMPTN Jalur Ujian Tertulis dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman
http://ujian.snmptn.ac.id. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.snmptn.ac.id mulai tanggal 11 Maret 2012.

Jadwal


Untuk informasi selengkapnya silakan download file-file berikut:
1. Alur Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis [
PDF]
2. Alur Pendaftaran Jalur Undangan [
PDF]
3. Kuota SNMPTN 2012 Unesa [
PDF]
4. Poster Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2012 [
JPG]

  • By Redaksi UNESA
  • 10 Juli 2012
  • 78110 Pembaca
  • Universitas Negeri Surabaya|State University of Surabaya
"GROWING WITH CHARACTER"