Indonesia mesti maju bersama. Tak boleh ada yang tertinggal. Program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) mengundang sarjana pendidikan di seluruh Indonesia untuk melunasi hutang bapak pendiri negeri (founding fathers) dalam mencerdaskan anak bangsa yang berada di wilayah 3T. Inilah saatnya anak muda generasi penerus bangsa mengabdikan diri untuk negeri, menyalakan lilin di kelam sunyi, memercikan api semangat anak pelosok negeri, dan sepuluh atau dua puluh tahun lagi, kita akan meneteskan air mata seraya berkata, "Bapak pendiri bangsa telah kulunasi hutang besar negeri ini." Sekali lagi, mari maju bersama mengukir sejarah peradaban pendidikan Indonesia dengan mendaftarkan diri di program nasional yang terintegrasi dengan program Beasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) ini.



Unesa sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang dipercaya Ditjen PMPTK Kemdikbud masih membuka pendaftaran program SM-3T. Gelombang I memang telah berakhir pada 5 November 2011 lalu, namun mulai hari ini pendaftaran gelombang II telah dibuka sampai 14 November 2011. Saat ini masih terdapat 186 peserta yang mendaftar pada program SM-3T. Masih terdapat 280 kuota yang belum terisi yang dapat dimanfaatkan oleh sarjana pendidikan dari seluruh wilayah Indonesia. Sementara itu, program S-1 Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan (KKT) penutupan pendaftaran gelombang I masih akan ditutup sore ini dan akan dibuka kembali untuk pendaftaran gelombang II mulai esok hari sampai dengan 14 November 2011 seperti halnya program SM-3T.



Seiring
dengan makin banyaknya jumlah guru yang telah disertifikasi baik
melalui jalur portofolio maupun Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG),
ke depan sertifikasi guru bagi guru pemula atau calon guru tidak lagi
melalui jalur portofolio atau PLPG, melainkan melalui program PPG.
Peserta program SM-3T nantinya akan diberi beasiswa studi PPG selama satu tahun di universitas tempat mendaftar setelah bertugas di daerah 3T. Sementara itu, peserta program S-1 KKT hanya mendapatkan beasiswa studi selama program S-1 KKT berlangsung sebab program S-1 KKT ini tidak terintegrasi dengan program beasiswa PPG, tetapi tujuannya untuk mengatasi permasalahan missmatch yang terjadi dalam dunia pendidikan selama ini.



Jadi, inilah kesempatan Anda mengabdi, berkontribusi, dan menjadi kader guru profesional masa depan Indonesia. Sekali lagi, mari maju dan tumbuh berkarakter besama kami, Unesa, universitasnya guru bangsa. Info selengkapnya bisa Anda dapatkan di tautan (PMB Unesa/ akademik.unesa.ac.id) yang ada di web Unesa atau di berita terkait sebelumnya. (Bayu_Humas Unesa)




  • By Redaksi UNESA
  • 07 November 2011
  • 8222 Pembaca
  • Universitas Negeri Surabaya|State University of Surabaya
"GROWING WITH CHARACTER"