Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2011 Unesa dimulai pada Senin (5/9). PKKMB dibuka secara resmi oleh Rektor Unesa, Prof. Dr. Muchlas Samani, M.P.d. PKKMB yang secara umum lebih dikenal dengan sebutan Ospek ini diikuti lebih kurang 4904 mahasiswa baru (maba) dari tujuh fakultas, yakni Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dan Fakultas Ekonomi (FE). Upacara pembukan PKKMB yang dilaksanakan di Lapangan Sepok Bola Kampus Unesa Ketintang ini bertemakan "Mewujudkan Mahasiswa yang Mandiri, Kompetitif, dan Berwawasan Kebangsaan".


 


Dalam sambutannya, Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd. membahas tentang pentingnya pendidikan karakter dalam kehidupan bermasyarakat yang dapat dibentuk melalui PKKMB. Mulai tahun ini PKKMB dijalankan dengan sistem berkelanjutan selama satu semester, yakni tiap Sabtu dan Minggu terdapat pendampingan dan penguatan pendidikan karakater maba. Acara yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf ini dibuka dengan pelepasan balon dan penyematan atribut kepada perwakilan maba dari setiap fakultas, kemudian dilanjutkan dengan ekspo kampus yang merupakan ajang pengenalan 43 Unit Kegitan Mahasiswa (UKM).


Mahasiswa dapat menyalurkan minat dan bakat yang mereka miliki melalui UKM-UKM tersebut. Beberapa UKM tersebut di antaranya adalah Teater Institut, Taekwondo, Aktivitas Fotografi (Afo), dan lain-lain. Diharapkan dengan adanya UKM, mahasiswa tidak hanya berprestasi di bidang akademik, tetapi juga di bidang nonakademik. Selain itu, keaktifan maba dalam mengikuti kegiatan organisasi baik UKM maupun Lembaga Kemahasiswaan (LK) seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) juga dapat mengasah karakter maba yang mandiri, kompetitif, dan berwawasan kebangsaan sebab dalam kegiatan berorganisasi itu maba akan bermain peran seperti layaknya dalam kehidupan bermasyarakat. (Tirta Sari Mega_Humas)


  • By Redaksi UNESA
  • 10 September 2011
  • 4465 Pembaca
  • Universitas Negeri Surabaya|State University of Surabaya
"GROWING WITH CHARACTER"