Pelaksanaan tes tulis bagi mahasiswa baru jalur Penelusuran Minat dan Keterampilan (PMDK) Prestasi dan jalur Kemitraan Mandiri 18 Maret lalu telah berlangsung. Ribuan peserta yang terdiri atas 8.112 calon maba dari jalur PMDK dan 31 calon maba dari jalur Kemitraan Mandiri ini masih harus menunggu pengumuman 3 April 2009 mendatang. Menurut data dari Badan Administrasi Akademik Kemahasiswaan Sistem Informasi (BAAKSI), tahun ini Unesa hanya mengambil 1.060 maba dari jalur PMDK.

Sementara itu pagu jalur Kemitraan Mandiri yang tahun ini masih banyak dibandingkan dengan jumlah pendaftar dimaklumi oleh Dra.Hertiti Setyowati, Kepala BAAKSI. ”Tahun ini pendaftar jalur Kemitraan Mandiri hanya 31 sedangkan pagu yang ada 250 kursi. Hal ini kami maklumi karena jalur ini merupakan rintisan di Unesa. Namun demikian bukan berarti ke-25 calon maba tersebut secara otomatis diterima. Hasil tes tentu tetap menjadi pertimbangan,” jelasnya.

Berbicara soal jurusan banjir peminat, kondisi tahun lalu tampaknya tidak banyak berubah. Jurusan-jurusan favorit di Unesa masih diduduki jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), S-1 Pendidikan Matematika, dan S-1 Pendidikan Bahasa Inggris. Masing-masing jurusan tersebut diminati calon maba sebanyak 1006, 771, dan 605. Pengumuman Hasil Tes PMDK Prestasi dan Kemitraan Mandiri dapat dilihat di www.unesa.ac.id atau pengumuman PMDK BAAKSI mulai 3 April 2009.

[bayu_humas]
www.seputarunesa.blogspot.com

  • By Redaksi UNESA
  • 20 Maret 2009
  • 24594 Pembaca
  • Universitas Negeri Surabaya|State University of Surabaya
"GROWING WITH CHARACTER"