Humas merupakan jembatan, yang menghubungkan antara Unesa dengan masyarakat luas terkait dengan pemberian informasi tentang berbagai kegiatan Unesa. Humas juga menerima informasi dari luar Unesa yang kemudian diolah dan diteruskan kepada pimpinan dan sivitas akademika terkait. Saat ini ada beberapa kegiatan yang berhasil dilakukan oleh UPT Humas. Pertama, Humas melakukan relasi publik, dengan kalangan wartawan dan masyarakat secara langsung. Relasi dengan wartawan dilakukan dengan cara menginformasikan kegiatan kelembagaan yang penting untuk diketahui masyarakat luas, melakukan penetralan (counter) terhadap berita yang merugikan institusi. Relasi dengan masyarakat dilakukan dengan cara memberikan jawaban terhadap respon atau pertanyaan publik, memberikan penjelasan melalui radio (Suara Surabaya).

Kedua, Humas mendukung kesuksesan kegiatan internal institusi, misalnya dalam acara wisuda dan pengukuhan guru besar dengan cara menghubungkannya dengan media, baik cetak maupun elektronik.

Ketiga, Humas berhasil menerbitkan Majalah Unesa enam edisi per tahun dan mengkliping berita-berita dari media cetak yang berkaitan dengan institusi.

Keempat, Humas mendokumentasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pimpinan universitas dan sivitas akademika. Kelima, Humas telah mengadakan promosi institusi dalam bentuk seminar kepada peserta siswa kelas XII yang berprestasi (masuk lima besar di kelasnya atau berprestasi minimal tingkat kabupaten/kota). Keenam, Humas memberitakan kegiatan-kegiatan institusi melalui laman (website) Unesa. Ketujuh, Humas menjalin kerja sama dengan berbagai mitra yang mempunyai koneksi langsung dengan Unesa.

Informasi selengkapnya tentang Unesa atau aktivitas Kehumasan Unesa dapat Anda kunjungi di http://humas.unesa.ac.id