Universitas Negeri Surabaya
Menyiapkan Tenaga Profesional di Bidang Pendidikan
Senin, 26 Mei 2008

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Menyiapkan Tenaga Profesional di Bidang Pendidikan

rogram Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya (PPs UNESA) berdiri sejak tahun 1981. Hingga saat ini lulusan PPs Unesa telah berperan pada berbagai bidang di seluruh wilayah tanah air, baik sebagai guru, kepala sekolah, dekan, rektor, pejabat, konselor di lingkungan dikmenum, maupun manajer atau pimpinan di lembaga-lembaga pemerintah dan non pemerintah. PPs Unesa menyelenggarakan program pendidikan tinggi lanjutan di atas pendidikan program sarjana dengan tujuan untuk menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan keahlian dan kemampuan akademik di bidang pendidikan ataupun nonkependidikan yang lebih tinggi, lebih dalam, dan lebih luas. Tamatan PPs UNESA dipersiapkan untuk menjadi tenaga profesional bidang pendidikan dan non kependidikan dalam hal pengawasan, penyelenggaraan, serta penelitian di Indonesia

PROGRAM STUDI
Pada saat ini PPs Unesa mengelola 6 program magister (S2) dan 3 program doktor (S3). Program Magister yang ada meliputi program studi: (a) S2 Pendidikan Matematika, yang merupakan prodi pertama di PPs Unesa; (b) S2 Pendidikan Sains, yang mengembangkan pembelajaran IPA yang inovatif dengan input dari lulusan S1 program studi pendidikan fisika, kimia, dan biologi; (c) S2 Pendidikan Olahraga, yang merupakan prodi sangat langka di Indonesia; (d) S2 Pendidikan Bahasa & Sastra, yang dapat ditempuh oleh lulusan S1 program studi bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa asing lainnya; (e) S2 Manajemen Pendidikan, yang menyiapkan tenaga pengelola pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi dengan input dari lulusan S1 program studi lintas disiplin; serta (f) S2 Pendidikan Dasar dengan konsentrasi PKn, IPA, IPS, dan Bahasa Indonesia.
Pada Program Doktor, PPs Unesa memiliki prodi (a) S3 Pendidikan Matematika, yang merupakan program pertama di Indonesia sejak tahun akademik 1999/2000, ini menyiapkan tenaga di bidang matematika, khususnya matematika sekolah, baik jenjang pendidikan dasar, menengah, maupun tinggi; (b) S3 Ilmu Keolahragaan, yang juga merupakan program pertama di Indonesia sejak tahun 2001/2002; (c) S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra, yang lebih memberikan warna sastra bila dibandingkan dengan prodi serupa di PPs lain.
Pada tahun ini PPs UNESA sedang merencanakan untuk membuka program magíster untuk prodi Pendidikan seni dan Budaya serta program doctor untuk Pendidikan Sains.

PROGRAM SERTIFIKASI
Di samping itu, PPs Unesa menyelenggarakan program sertifikasi mata kuliah untuk meningkatkan profesionalitas peserta melalui pengambilan mata kuliah sesuai dengan kurikulum S2 yang diminati sehingga lebih fleksibel berdasarkan kebutuhan dan kesempatan. Di samping itu, program ini juga berfungsi sebagai kegiatan pengumpulan kredit yang dapat dimanfaatkan dan diakui untuk memasuki program S2 di PPs Unesa.

MAHASISWA
Jumlah mahasiswa baru PPs Unesa cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Asal mahasiswa tersebar dari seluruh wilayah propinsi di tanah air. Lembaga pengirim mahasiswa juga sangat beragam, ada yang dari sekolah, yayasan, instansi, perguruan tinggi, dan lembaga yang lainnya. Saat ini jumlah mahasiswa yang studi lebih dari 600 mahasiswa.

LULUSAN
Sampai dengan wisuda April 2008 kemarin, PPs Unesa telah mewisuda 42 doktor(S3) dari 3 prodi dan 1356 magister(S2) dari 5 prodi. Alumni PPs Unesa telah mengisi berbagai kebutuhan tenaga profesional di seluruh wilayah Indonesia.

VISI
Mewujudkan Program Pascasarjana yang bersifat mandiri dan maju di tingkat nasional dan internasional, inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, dan seni bedasarkan iman dan takwa.

MISI
1.Mengupayakan kemandirian dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan kelembagaan manajemen modern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing secara nasional dan internasional.
2.Menyelenggarakan pendidikan akademik berbasis ilmu dan teknologi pembelajaran modern.
3.Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan, dan penelitian kebijakan yang inovatif untuk menunjang pengembangan ilmu dan pendidikan serta pengabdian kepada masyarakat.
4.Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu, teknologi, humaniora, dan seni kepada masyarakat

KERJA SAMA
Selama ini PPs Unesa telah menjalin kerja sama dengan berbagai instansi baik pemerintah maupun non pemerintah, serta perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, termasuk sandwich program ke Belanda, Singapura, Australia, Amerika, Jepang, dan Jerman, terutama bagi mahasiswa S3 melalui dana bantuan dari Dikti. PPs Unesa juga telah melakukan kerja sama dengan Pusat Perbukuan Nasional, Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten di berbagai wilayah, dan Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Kabupaten Nias.
Pada setiap tahun PPs Unesa juga menyelenggarakan kuliah tamu dengan mendatangkan dosen-dosen dari Jepang, Malaysia, Australia, dan Amerika.

BEASISWA
PPs Unesa memberikan beasiswa Ditjen Dikti yang disebut Beasiswa Program Pascasarjana (BPPS) kepada yang memenuhi kualifikasi berikut:
1.berstatus dosen PTN yang PNS, dosen DPK, atau dosen tetap PTS yang telah mempunyai jabatan fungsional sekurang-kurangnya asisten ahli;
2.lulus seleksi masuk.
Jumlah rata–rata mahasiswa baru pada lima tahun terakhir yang memperoleh beasiswa sekitar 30% dari jumlah keseluruhan pendaftar. Secara kuantitas jumlah penerima BPPS ini meningkat dari tahun ke tahun.

DOSEN
Tenaga dosen di PPs Unesa berjumlah 98 orang dosen yang terdiri atas 47 Guru Besar, 27 Doktor, 24 Magister lulusan dalam dan luar negeri.

FASILITAS
1.Ruang kuliah, ruang sidang dan ruang pertemuan ber-AC
2.Perpustakaan dengan koleksi buku-buku teks, referensi, jurnal maupun majalah ilmiah. Di samping itu, terdapat perpustakaan pusat UNESA.
3.Fasilitas komputer untuk perkuliahan, internet online dan tersedia akses internet lewat wifi/hot spot area.
4.Laboratorium untuk mendukung perkuliahan.
6.Fasilitas umum berupa Kantor Pos, Bank, Poliklinik, lapangan olah raga, ruang sidang, dan kafetaria.

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU
Pendaftaran mahasiswa baru dengan awal perkuliahan pada semester gasal: (September 2008) untuk Gelombang 2: Tanggal 21 Mei—1 Agustus 2008.

Untuk Informasi:
Kampus Unesa Ketintang Gedung K.9 Surabaya Tlp./Faks. (031) 8293484
Web: www.pascaunesa.ac.id, Email: pascaunesa@yahoo.co.id ?>


Berita Terkait
Chairil Anwar dalam Kenangan
Pembantu Rektor 1 Buka Lokakarya Kurikulum S1 PG-PAUD
PEKAN SENI JURUSAN SENI RUPA
Wisuda LXIV Universitas Negeri Surabaya
FREE / GRATIS !!! KARYA DRAMA, TARI & MUSIK !!


[ home ]
Pusat Komputer Universitas Negeri Surabaya